Image

Beras memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. Selain sebagai bahan makanan pokok, ternyata beras juga dipergunakan untuk merawat kecantikan dan kecerahan kulit.

Ini telah dilakukan oleh para wanita Jepang dan Korea, juga wanita Indonesia sejak dahulu kala. Manfaat yang didapat antara lain adalah, kulit menjadi lebih putih, halus, dan awet muda.

Beras yang digunakan juga tidak terbatas pada beras putih saja, namun juga bisa beras merah, dan beras hitam.

Disarankan untuk menggunakan beras organik, sebab menggunakan beras tidak organik riskan resikonya karena pemupukan dan pestisidanya menggunakan bahan kimia.

Berikut ini adalah cara membuat masker wajah dari beras

1. Masker kompres

Siapkan sepotong kain katun, masukan 1 sendok beras organik ke bagian tengah kain, ikat erat agar beras tidak berantakan. Haluskan dengan benda keras, beras yang berada dalam kain hingga halus semua. Rendam dengan air hangat kain berisi beras tersebut, dan tepuk-tepuk ke wajah hingga air berasnya merata.

2. Masker Kering

Rendam segenggam beras dalam air selama 1 malam, lantas tiriskan. Haluskan, dan jemur seperti bedak. Jika ingin menggunakannya, bisa dicampur dengan air mawar, atau madu, atau minyak kelapa. Pergunakan sebagai masker.

Selain sebagai masker, beras juga dapat digunakan sebagai lulur tubuh. Caranya hampir sama dengan menggunakan masker. Hanya tingkat kehalusannya beras yang digunakan tidak sehalus masker wajah.

Advertisements